Address
Lawe Perbunga, Aceh Tenggara
Phone

Bagaimana Cara Kerja Web Server?


Web server menggunakan model klien-server. Dalam struktur ini, satu program yang disebut klien akan meminta resource atau layanan dari program lain, yaitu server.

Untuk memproses permintaan klien web ini, cara kerja web server adalah:

  1. Ketika pengguna web ingin mengakses konten website, browser akan meminta akses melalui internet, yang disebut HTTP request.
    Kemudian, browser mencari alamat IP website yang diminta dengan menerjemahkan URL halaman web melalui sistem domain atau pencarian dalam cache. Proses ini akan menemukan web server yang menghosting file website tersebut.
  2. Web server menerima permintaan HTTP, lalu memprosesnya melalui server HTTP.
    Begitu permintaan diterima, server HTTP ini akan menelusuri file server untuk mengambil data yang relevan.
  3. Setelah itu, web server mengembalikan hasil dalam bentuk file website ke browser yang tadi mengirimkan permintaan. Kemudian, pengguna pun bisa melihat konten website.

Tapi, kalau server HTTP gagal menemukan atau memproses file yang diminta, server akan merespons browser dengan kode error. Salah satu pesan yang paling sering muncul adalah error 404 not found, atau 403 forbidden apabila ada masalah terkait izin.

 

Di sisi lain, kalau web server gagal menerima respons secara tepat waktu dari server lain yang berperan sebagai proxy atau gateway, error 504 gateway timeout mungkin juga muncul.

 

sumber: https://www.hostinger.co.id/tutorial/apa-itu-web-server